Jumat, 19 Agustus 2016

Rangkuman Permasalahan di Indonesia Ditilik dari Sudut Pandang Pancasila


Lagi nyari tugas soal studi kasus yang ada hubungannya sama pancasila? Atau sama Indonesia? Mungkin contoh rangkuman studi kasus di Indonesia dari sudut pandang Pancasila ini bisa jadi acuan buat kalian. Di bawah juga ada link download-nya, jadi silakan di-download kalau ingin nyimpan dalam bentuk dokumen.

Tema: 
Permasalahan di Indonesia Ditilik dari Sudut Pandang Pancasila

Pancasila yang diilhami:
Sila ke-5, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pokok permasalahan:
Seiring mulai diberlakukannya kurikulum 2013, timbul berbagai polemik baru di khalayak kaum berpendidikan, khususnya para perangkat pendidikan yang secara langsung menerapkan kurikulum ini. Betapa tidak, kurikulum ini digadang-gadangkan sebagai kurikulum yang terlalu ‘’dipaksakan’’ untuk diberlakukan di Indonesia. Mulai dari para pengajar yang ‘’terkesan’’ belum siap menerapkan kurikulum ini, sampai dengan para siswa itu sendiri. Penerapan kurikulum 2013 yang dilakukan secara pukul rata memicu berbagai masalah, seperti buku paket yang belum tersedia menyeluruh, guru yang banyak mengeluh akan terlalu banyaknya ‘’tugas minor’’ yang harus dikerjakan sesuai kurikulum ini, serta dari pihak orang tua sendiri merasa lebih terbebani karena harus mengeluarkan biaya tambahan untuk mengkopi, mengunduh maupun membeli perangkat belajar. 

Penyelesaian:
Memang tidak dipungkiri lagi, secara konsep, bila kurikulum ini mampu diterapkan, pendidikan di negara ini pasti akan jadi lebih baik. Namun, sistem penerapannya yang kurang tepat. Bila memang mau dipukul rata di tiap daerah yang notabene memiliki ‘’level’’ yang berbeda, maka kurikulum itu sendiri harus disesuaikan pula. Jangan langsung dipukul rata dan malah membuat antusiasme para pelakunya menurun.Lebih baik diberlakukan konsep penerapan bertahap, agar tidak membuat ‘’kaget’’. Indonesia negara yang sangat beragam, tapi tidak serta-merta setiap kebijakannya diterapkan langsung secara merata. Ketidaksiapan dan segala masalah yang timbul akan dapat ditekan dan mungkin dapat terhindari bila manajemen dari pemerintah pusat dapat diperbaiki.

Nah, lumayan, 'kan? Ya sudah, ini link download buat kalian yang lagi kepepet buat ngumpulin tugas,


EmoticonEmoticon